Secara umum sistem Elektrical/kelistrikan pada pesawat sama halnya dengan sistem listrik dirumah, yaitu ada sumber listrik, sistem distribusi, dan beban. Sumber listrik dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu AC (alternating current) dan DC (direct current).
# Sumber listrik AC
Pada pesawat B737NG sumber listrik AC dihasilkan dari 3 buah generator, 2 buah pada engine(engine 1 dan engine 2) dan 1 generator yg terdapat pada APU(auxiliary power unit). generator pada engine menghasilkan listrik dari putaran engine sendiri, listrik yang dibutuhkan pesawat sebesar 115VAC dengan frekuensi 400Hz yg dihasilkan dari generator, namun karena Rpm engine yg memutar generator tidak selalu stabil maka dipasanglah sebuah alat yg bernama CSD(constan speed drive) dimana alat itu berfungsi untuk mengendallikan putaran generator agar selalu constan, pada B737NG generator dan CSD telah diintegrasikan menjadi IDG(intergrated drive generator), sedangkan untukk pesawat seri sebelumnya B737 clasic generator dan CSD masih terpisah. sedangkan pada APU tidak terdapat CSD,mengapa? karena generator pada APU berputar secara konstan tdk seperti engine yg berubah-ubah, karena pada APU tdak ada idle power atau full power. selain dari generator ada satu lagi alat yg menghasilkan sumber listrik AC ialah static inverter dimana ia berfungsi merubah tegangan DC dari baterai menjadi tegangan AC. namun static inverter hanya digunakan dalam keadaan darurat, dengan kata lain meskipun pesawat dalam keadaan darurat sistem pesawat yg memerlukan sumber listrik AC dapat bekerja.
CSD (constant speed drive) |
2. Sistem Distribusi
Untuk distribusi listrik, pesawat memakai sistem bus yang menghubungkan antara sumber listrik dengan beban. Macam bus yang terdapat di pesawat adalah,:
1. AC Transfer bus (XFR),
2.AC Main bus, terdiri dari AC main bus 1 dan AC main bus 2.
3.Galley bus,
4.28 VDC Bus,
5.28 VDC baterai bus,
6.Standby (STBY) bus.
3. Beban (load)
Beban di pesawat terhubung dengan sistem distribusi listrik pesawat melalui bus. Bergantung pada sumber listrik yang diperlukan, dan juga peranannya, beban bisa terhubung pada bus yang berbeda-beda.
Untuk sistem pesawat yang tetap harus berfungsi dalam keadaan darurat, akan tersambung dengan standby bus.
Macam-macam beban pada pesawat seperti pada cockpit misalnya instrument-instrument navigasi,radar,lampu,computer-computer dll.
*skematik elektrikal |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar